Jumat, 25 Juli 2008

Pengenalan Teknologi Layar Sentuh

Penjelasan Dasar Mengenai Layar Sentuh


Layar sentuh sering juga disebut sebagai Touchscreens, touch panels atau touchscreen panels. Perangkat alat ini sebenarnya hampir sama dengan PC komputer yang kita miliki dirumah, namun sesuai dengan namanya layar sentuh tidak memerlukan mouse ataupun keyboard untuk pengoperasiannya. Cukup dengan menyentuh layarnya dengan jari atau pen stylus*) maka pengguna bisa langsung mengoperasikan fitur-fitur yang tersedia pada tampilan layar tersebut.

Aplikasi penggunaan Layar sentuh atau Touchscreen sangat luas, biasanya sering dipakai untuk informasi ditempat-tempat umum, misalnya di Airport, Mall, Perkantoran, Rumah Sakit, Exhibition, Kampus / Sekolah, Tempat Pariwisata maupun tempat lainnya yang memerlukan media komunikasi dan informasi.

Karena penggunaan dan aplikasinya yang begitu luas, maka diperkirakan Teknologi Layar Sentuh ini akan akan segera "Booming" di Indonesia. Lihat saja disekeliling kita, banyak pengguna telepon genggam yang juga memiliki fitur teknologi ini, terutama untuk kategori Gadget jenis PDA (Personal Data Assistant).




*) = alat yang dirancang khusus menyerupai pena digunakan untuk layar sentuh.

Tidak ada komentar: