Kamis, 31 Juli 2008

TruKiosk Asia

Saat ini adalah era digital informasi, dimana informasi berkembang dalam bentuk multi media. Kita dapat melihat informasi dengan indera penglihatan dan pendengaran kita secara langsung walaupun tempat kejadiannya ribuan kilometer dari posisi kita saat ini.

Dengan berkembang pesatnya teknologi multi media, TruKiosk Asia dengan jeli melihat peluang ini. Setiap saat orang memerlukan informasi, maka TruKiosk Asia berusaha memberikan solusinya dengan mengembangkan teknologi system informasi dengan menggunakan display computer layer sentuh / touch screen. Di manca Negara dikenal dengan istilah KIOSK display.

Pengertian Kiosk bila diterjemahkan secara bebas adalah kios atau tempat untuk bertransaksi yang biasanya tempat orang-orang membeli minuman, makanan kecil maupun rokok. Mengapa disebut kiosk, karena merupakan tempat melayani transaksi atau sekedar mendapat informasi. Di manca negara, teknologi multi media dengan layar sentuh sudah merupakan hal yang biasa dilihat, dan difungsikan sebagai alat untuk bertransaksi. Misalnya saja membeli tiket bis / kereta, membeli minuman ringan, dan sebagainya.

Di Indonesia perkembangan kiosk display ini juga sudah mulai menjamur. Lihat saja dipameran / exhibisi internasional seperti di Internasional Indonesia Motor show yang diadakan 11 - 20 Juli 2008 kemarin, stand-stand utama umumnya telah menggunakan teknologi ini. Tujuannya adalah untuk memudahkan pengunjung melihat fitur-fitur serta spesifikasi barang yang dipamerkan secara interaktif. Bila biasanya dipajang hanya X-Banner ataupun video yang diputar dengan layar LCD saja untuk menginformasikan produk, maka informasi tersebut dirasa masih searah saja. Dengan adanya teknologi layar sentuh ini maka informasi akan lebih interaktif dan tentu saja menampilkan image yang lebih prestise.

Bukan hanya diletakan di stand yang berpameran saja, Dyandra sebagai pihak penyelenggarapun tidak mau ketinggalan dengan memberikan layanan ini. Mereka meletakan kiosk informasi ini dibeberapa titik penting untuk bisa diakses pengunjung yang ingin mendapatkan informasi secara detail.

Perkembangan teknologi Kiosk Information System ini sangatlah luas. Misalkan seseorang berada dipusat perbelanjaan yang luas, untuk menghemat waktu ia bisa menggunakan kiosk informasi ini untuk mengetahui posisi toko maupun produk yang ia cari. Bila digunakan dirumah sakit, maka dengan mudahnya orang bisa mengakses fasilitas layanan yang diberikan oleh rumah sakit tersebut. Bila digunakan di acara pameran, maka orang-orang akan dengan mudahnya melihat peserta pameran, produk yang ditampilkan maupun peta pameran tersebut di kiosk informasi ini. Bahkan dibeberapa departemen pemerintahan, untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat, teknologi ini sudah mulai digunakan. Kiosk ini dapat pula digunakan untuk system pembayaran, absensi karyawan dengan sistem sidik jari, barcode, dan masih luas sekali pengembangannya. Bahkan selain kita bisa menggunakan indera penglihatan maupun pendengaran untuk mendapatkan informasi, dibeberapa Negara juga telah dikembangkan kiosk informasi ini untuk mengeluarkan wangi-wangian dari informasi produk yang dicarinya. Seperti wangi kopi, parfum, atau minyak sekalipun.

Dengan berkembang pesatnya teknologi multi media ini, TruKiosk Asia akan menjadi pelopor layanan system informasi berbasis Kiosk Information touch Screen Display. Untuk melihat proses produksi dan pengembangan teknologi ini, anda dapat langsung datang ke pabrik TruKiosk Asia di Daerah Delta Silicon Industrial Park - Lippo Cikarang.

3 komentar:

japverry mengatakan...

Saya mau lihat pabriknya dong, hubunginya kemana yah?

donny

Anonim mengatakan...

wahh, saya ngak tahu di jakarta ada juga yg jual kiosk padahal saya baru import dari china,

JOKER mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.