Kamis, 15 Januari 2009

USB FLASH DISK TRANSCEND MENGUASAI PANGSA PASAR

Begitu banyak merek USB yang beredar dipasaran,  sampai – sampai kadang kita bingung memilihnya, sebagian dari kita malah mencari bentuknya yang unik – unik. Untuk urusan bentuk USB Flash Disk yang unik, merek  Transcend banyak sekali mengeluarkan fitur yang cukup unik. Sehingga wajar saja produk   asal Taiwan ini merajai pangsa pasar sebesar 14,65%.

merek-merek USB Flash Disk lainnya yang tercakup dalam 5 besar  adalah Kingston (13,48%) SanDisk (12,73%), Sony (4,82%) dan Imation (2,62%). Di bawah ketiga merek USB Flash Disk itu ada merek Buffalo (2,53%), PNY (2.33%), Verbatim (2,20%), Lexar (1,80%) dan Memorex (0,97%).


walaupun demikian merek-merek USB Flash Disk di atas tidak selalu menjadi nomor satu di semua negara. Ada merek yang besar secara global, namun ada juga yang kuat di negara-negara tertentu. Contohnya, di kuartal kedua ini Amerika memimpin pasar dengan persentase 31,56%, diikuti oleh Eropa (31,56%), dan Asia Pasifik (27,90%), dan Jepang (8,97%). Total tercatat ada 39,96 juta unit USB flash disk yang dikirim ke pasar pada kuartal kedua ini.


Sementara itu, secara kapasitas, yang paling banyak beredar di pasar adalah USB flash disk dengan kapasitas 2GB (37%). Namun USB flash disk dengan kapasitas 4GB dan lebih besar meraup angka penjualan 46% di kuartal kedua tahun 2008. Sampai akhir tahun 2008 tercatat jumlah USB flash disk yang dilepas ke pasar  mencapai angka 166,12 juta.

Tidak ada komentar: